Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (P)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Daftar Isi

PA (Pengguna Anggaran)

Pejabat pemegang kewenangan penggunaan anggaran Kementerian Negara/Lembaga.

Pagu Anggaran Kementerian/Lembaga

Batas tertinggi anggaran yang dialokasikan kepada Kementerian/Lembaga dalam rangka penyusunan RKA-K/L.

Paperbased/Berbasis kertas

Proses pekerjaan/bisnis yang dominan masih menggunakan media kertas.

Paperless

Penggunaan kertas yang dikurangi atau dihapuskan dalam lingkungan kantor. Hal ini dimungkinkan dengan peralihan dari dokumen kertas ke dokumen elektronik.

Paperless office

Lingkungan kerja dimana penggunaan kertas dikurangi atau digunakan secara bijaksana.

Parallel port

Salah satu port dalamkomputer untuk menghubungkan komputer dengan hardware lainnya.

Parameter

  1. Indikator
  2. Ukuran atau patokan yang digunakan dalam suatu rangkaian proses.

Password/Kata sandi

Sebuah kata kunci untuk membuka program yang tidak boleh dijalankan sembarang orang.

Patch Panel UTP Cable

Perangkat yang digunakan untuk menyambungkan kabel dari switch ke client.

Path Persetujuan

Hierarki persetujuan.

Pay Group

Payment Channel/Saluran pembayaran

Alternatif tempat maupun cara dalam melakukan pembayaran atas tagihan negara yang disediakan oleh Collecting Agent seperti ATM, Internet Banking, Phone Banking, SMS Banking, dan lain-lain.

Payment Management (PM)/Manajemen pembayaran.

Proses permintaan pembayaran dengan nilai netto pembayaran adalah sama dengan nol atau lebih. Dimana staf bank akan melakukan permintaan terhadap sistem untuk mengelompokan tagihan berdasarkan jatuh tempo dan bank pembayar (pay group).

Payment Manager

Proses permintaan pembayaran dengan nilai netto pembayaran adalah sama dengan nol atau lebih. Dimana staf bank akan melakukan permintaan terhadap sistem untuk mengelompokan tagihan berdasarkan jatuh tempo dan bank pembayar (pay group).

Payment Order/Perintah pembayaran

Penerbitan perintah dari unit yang melakukan pembelian kepada unit yang bertugas melakukan pembayaran. Merupakan istilah yang sering digunakan dalam pelaksanaan anggaran di Perancis. Payment Order dapat dipersamakan dengan dokumen SPM pada proses pencairan anggaran di Indonesia.

Payment point/Tempat pembayaran

Alternatif tempat yang disediakan oleh Collecting Agentuntuk menerima pembayaran oleh wajib pajak/wajib setor/wajib bayar.

Payment schedule/Jadwal pembayaran

Jadwal pencairan pembayaran yang disusun berdasarkan pengajuan waktu pembayaran (need by date) oleh satker.

Payment terms.

Jangka waktu yang dicantumkan pada SPP yang menunjukkan waktu tagihan tersebut jatuh tempo dan harus dibayarkan oleh KPPN selaku BUN.

PB (Pengguna Barang)

Pejabat pemegang kewenangan penggunaan barang milik negara/daerah.

PC (Personal Computer)

Mesin elektronik yang cepat dapatmenerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Pejabat pengadaan

Personel yang memiliki Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa yang melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa.

Pejabat perbendaharaan

Pejabat perbendaharaan meliputi Pengguna Anggaran, Bendahara Umum Negara/Bendaharan Umum Daerah dan Bendahara Penerimaan/Pengeluaran.

Pelaksana Penatausahaan

Unit yang melakukan penatausahaan BMN pada Kuasa Pengguna Barang/Pengguna Barang, dan pada Pengelola Barang.

PEM (Public Expenditure Management)/Pengelolaan keuangan public

Manajemen dalam pelaksanaan kebijakan ekonomi dan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah. Secara keseluruhan tujuan PEM ada tiga, yaitu disiplin fiskal, alokasi sumber daya secara strategis, dan manajemen operasional yang baik.

Pemanfaatan

Pendayagunaan BMN yang tidak dipergunakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsikementerian negara/lembaga, dalam bentuk sewa, pinjam pakai, kerjasama pemanfaatan, dan bangun serah guna/bangun guna serah dengan tidak mengubah status kepemilikan.

Pembayaran Langsung

Pembayaran yang dilakukan langsung kepada Bendahara Pengeluaran/penerima hak lainnya atas dasar perjanjian kerja, surat keputusan, surat tugas atau surat perintah kerja lainnya melalui penerbitan Surat Perintah Membayar Langsung.

Pemberi PHLN

Pemberi PHLN, adalah kreditor yang memberikan pinjaman dan/atau pihak yang memberikan hibah kepada Pemerintah yang berasal dari luar negeri.

Pendapatan Hibah Langsung

Hibah yang diterima langsung oleh Kementerian Negara/Lembaga, dan/atau pencairan dananya dilaksanakan tidak melalui KPPN yang pengesahannya dilakukan oleh BUN/Kuasa BUN.

Penerimaan Negara

Uang yang masuk ke Kas Negara.

Penerimaan Non Anggaran

Penerimaan negara yang tidak dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara seperti transfer antar rekening pemerintah, penerimaan Perhitungan Fihak Ketiga, dan penerimaan pengembalian Uang Persediaan.

Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa oleh Kementerian/Lembaga/SatuanKerja Perangkat Daerah/Institusi lainnya yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampaidiselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh Barang/Jasa.

Pengelola barang

Pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab menetapkan kebijakan dan pedoman serta melakukan pengelolaan Barang Milik Negara.

Pengembalian penerimaan negara

Pengeluaran Negara dalam rangka untuk mengembalikan penerimaan Negara kepada yang berhak yang disebabkan karena kelebihan setor, kesalahan setor, kelebihan dan kesalahan pemotongan Surat Perintah Membayar, kesalahan perekaman dan/atau kelebihan pelimpahan oleh bank/pos persepsi.

Pengesahan

Metode pembayaran dalam rangka pengesahan belanja yang bersumber dari pinjaman dan/atau hibah dengan cara penarikan PL/LC, pengesahan/pengembalian belanja yang bersumber dari dana hibah kas langsung, pengesahanbelanja yang bersumber dari hibah barang/jasa/surat berharga secara langsung, dan pengesahan belanja Satker Badan Layanan Umum.

Penyetor Pengembalian Belanja

Orang/badan/lembaga/pihak lain (pihak yang diberi kuasa untuk mengelola uang negara) yang menyetorkan kembali sebagian atau seluruh pembayaran atas beban APBN yang diterimanya ke Kas Negara.

Performance Based Budgeting/

Penganggaran berbasis kinerja

Pendekatan dalam sistem penganggaran yang memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dan kinerja yang diharapkan, serta memperhatikan efisiensi dalam pencapaian kinerja tersebut.

Performance budgeting/

Penganggaran berbasis kinerja

Penyusunan anggaran berdasarkan pertimbangan beban kerja dan unit cost dari setiap kegiatan yang terstruktur.

Performance Measurement/

Pengukuran kinerja

Pengukuran pencapaian output dari penggunaan dana yang telah dialokasikan.

Performance Report/Laporan kinerja

Laporan yang berisi informasi tentang capaian kinerja (output/outcome) yang telah dicapai oleh suatu entitas.

Perjanjian PHLN (Perjanjian Pinjaman/Hibah Luar Negeri)

Kesepakatan tertulis mengenaipinjaman dan/atau hibah antara Pemerintah dengan Pemberi PHLN.

Permanent Commitment/Komitmen permanen

Komitmen yang bersifat permanen, misalnya untuk pengeluaran yang berkaitan dengan belanja pegawai dan sejenisnya.

Persetujuan Awal

Menu padaaplikasi SPAN yang berfungsi untuk:

  1. Memberikan persetujuan atas data tagihan bahwa SPM dan dokumen pendukungnya telah memenuhi syarat pengujian (manual dan sistem) sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.
  2. Mengirimkan data tagihan yang telah disetujui ke petugas middle office di KPPN sesuai dengan workflow yang telah ditetapkan.

Persetujuan MPHL-BJS (Persetujuan Memo Pencatatan

Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga)

Dokumen yang diterbitkan oleh KPPN selaku Kuasa BUN Daerah sebagai persetujuan untuk mencatat pendapatan hibah langsung bentuk barang/jasa/surat berharga dan belanja barang untuk pencatatan persediaan dari hibah, belanja modal untuk pencatatan aset tetap/aset lainnya dari hibah, dan pengeluaran pembiayaan untuk pencatatan surat berharga dari hibah.

Petty cash/Imprest fund/Kas kecil

Dana yang digunakan untuk mendukung kelancaran dan kemudahan pembiayaan keperluan sehari-hari, biasanya bersifat kas dan digunakan untuk pengeluaran dengan jumlah tertentu yang dipertimbangkan kurang efisien apabila melalui proses pengajuan pembayaran yang biasa. Dana ini harus dipertanggungjawabkan dalam batasan waktu/jumlah minimal yang dapat dipertanggungjawabkan, serta dapat dimintakan pengisian kembali (revolving).

PFK (Perhitungan Fihak Ketiga)

Utang pemerintah kepada pihaklain yang disebabkan kedudukan pemerintah sebagai pemotong pajak atau pungutan lainnya, seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), iuran Askes, Taspen, dan Taperum.

PFM (Public Financial Management)/Manajemen Keuangan Publik

Proses dan prosedur pengelolaan terhadap seluruh kekayaan negara dalam bentuk dan dengan nama apapun baik yang dipisahkan ataupun yang tidak dipisahkan, termasuk di dalamnya segala bagian kekayaan negara dan segala hak dan kewajiban yang didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen (planning, organizing, actuating and controlling) demi tercapainya tujuan negara secara efektif dan efisien.

PHLN (Pinjaman/Hibah Luar Negeri)

Pinjaman Luar Negeri adalah setiap pembiayaan melalui utang yang diperoleh Pemerintah dari Pemberi Pinjaman Luar Negeri yang diikat oleh suatu perjanjian pinjaman dan tidak berbentuk surat berharga negara, yang harus dibayar kembali dengan persyaratan tertentu. Hibah adalah setiap penerimaan negara dalam bentuk devisa, devisa yang dirupiahkan, rupiah, barang, jasa dan/atau surat berharga yang diperoleh dari Pemberi Hibah yang tidak perlu dibayar kembali, yang berasal dari dalam negeri atau luar negeri.

PIC (Person In Charge)/Penanggung jawab

Orang yang bertanggungjawab menangani hal tertentu. Biasanya, PIC menjadi juru bicara atas setiap pertanyaan mengenai tim atau subtim di mana ia menjadi anggota.

Piloting

Implementasi dalam lingkup yang lebih kecil sebelum proyek seluruhnya diimplementasikan untuk mengetahui kendala, mengukur waktu, biaya, dan mensimulasikan kemungkinan yang terjadi.

PIN PPSPM (Personal Identification Number PPSPM)

Tanda tangan elektronik Pejabat Penanda Tangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) berbentuk sederet angka yang dibuat dan dimiliki oleh PPSPM yang berfungsi sebagai tanda tangan elektronik pada ADK SPM yang akan dikenali dan diverifikasi autentikasinya oleh sistem padaKantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

PIU (Project Implementation Unit)/Unit pelaksana proyek

Unit/satuan kerja yang bertugas mengelola kegiatan dan dana GFMRAP serta bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan dan dana PFM-MDTF yang diberikan pada instansi dimana PIU tersebut berada.

Piutang Penerusan Pinjaman

Aset yang dimiliki Pemerintah sehubungan dengan adanya penerusan pinjaman yang berasal dari pinjaman/hibah baik yang bersumber dari dalam dan/atau luar negeri kepada Pemerintah Daerah (Pemda)/Badan Usaha Milik Negara (BUMN)/Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)/penerima lainnya yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran masuk sumber daya ekonomi Pemerintah.

PLN (Pinjaman Luar Negeri)

Setiappembiayaan melalui utang yang diperoleh Pemerintah dari Pemberi Pinjaman Luar Negeri yang diikat oleh suatu perjanjian pinjaman dan tidak berbentuk surat berharga negara, yang harus dibayar kembali dengan persyaratan tertentu.

PM (Payment Management)/Manajemen Pembayaran

  1. Manajemen terhadap segala pencairan dana APBN berdasarkan syarat dan ketentuan yang sah.
  2. Salah satu modul dalam SPAN yang berperan sebagai gerbang utama pengeluaran pemerintah dalam rangka menunjang program pembangunan nasional.

PMO (Project Management Office)/Manajemen Proyek Kantor

Suatu organisasi yang bertugas untuk membentuk dan mengembangkan standar-standar, metodologi serta tools yang dapat digunakan untuk menjalankan setiap program dan proyek dengan baik dan benar serta sesuai dengan strategi bisnis dari setiap perusahaan

PMQA (Project Management and Quality Assurance)

Tim atau unit konsultasi yang berfungsi untuk memastikan program RPPN disusun, dikelola, dan dilaksanakan sesuai dengan manajemen proyek dan jaminan mutu yang berstandar internasional.

PMRT (Payment Management Resume Tagihan)

Kodifikasi untuk nama file ADK Resume Tagihan.

PO (Purchase Order)/Perintah pembelian

Proses pembelian barang atau jasa berdasarkan PR yang sudah disetujui. Proses yang terjadi dalam PO meliputi bidding untuk pemilihan supplier termasuk didalamnya tentang detil kontrak, penerbitan PO itu sendiri yang sudah sesuai dengan kontrak dan ditandatangani oleh pejabat berwenang sampai dengan dikirim dan dikonfirmasi oleh pihak supplier. Kegiatan ini ada di satker dan atas kegiatan ini satker harus melakukan pendaftaran supplier ke aplikasi SPAN.

PO (Project Office)

Suatu organisasi yang bertanggung jawab dalam membangun standar dan metodologi untuk sebuah proyek. Project Office bersifat taktikal. Artinya, organisasi tersebut langsung menangani proyek yang berada di bawah pengawasannya. Dengan demikian, Project Manager yang terkait berada langsung di bawah garis komando Project Office.

PO line (Purchase Order line)/Baris perintah pembelian

Sebutan bagi suatu baris (line) dalam aplikasi Purchase Order/RFC yang memuat jenis belanja, deskripsi belanja/peruntukan, jumlah uangyang diminta (amount), dan waktu pembayaran yang diminta (need by date).[BAS Consulting Whitepaper]

POK/Petunjuk Operasional Kegiatan

Dokumen yang memuat uraian rencana kegiatan dan biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan, disusun oleh Kuasa Pengguna Anggaran sebagai penjabaran lebih lanjut dari DIPA

Pop-up

Kotak dialog kecil berupa peringatan atau konfirmasi untuk melanjutkan perintah ke langkah berikutnya.

Portal SPAN

Aplikasi berbasis web yang merupakan jembatan untuk berkomunikasi antara SAKTI dan SPAN.

Pos Persepsi

Kantor pos yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan untuk menerima setoran penerimaan negara.

Post-funding.

Metode pengisianrekening transito dimana saldo awal rekening tersebut nihil dan pembiayaan pengeluaran transito dilakukan oleh pihak bank tempat rekening dibuka.

Posting/Pencatatan

Proses pencatatan keuangan ke dalam buku besar dan pembantu buku besar dalam periode tertentu dengan melalui proses penjurnalan.

Posting Jurnal

Proses memasukkan transaksi jurnal ke dalam Buku Besar.

Potensi Manfaat

Kapasitas manfaat atau masa manfaat yang diperkirakan masih dimiliki oleh suatu Aset Tetap yang digunakan untuk aktivitas pemerintahan dan/atau pelayanan publik.

Power Strip

Perangkat yang digunakan untuk menyediakan arus listrik di Wall Mounted Rack.

Power Supply

Perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, harddisk, kipas, dll.

PPABP (Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai)

Pembantu KPA yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk mengelolapelaksanaan belanja pegawai.

PPh (Pajak Penghasilan)

Pajak atas penghasilan yang diterima Wajib Pajak. Yang dimaksud dengan penghasilan adalah setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapatdipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan Wajib Pajak yang bersangkutan dengan nama dan dalam bentuk apapun.

PPHLN (Pemberi Pinjaman/Hibah Luar Negeri)

Pemerintah suatu negara asing, lembaga multilateral, lembaga keuangan dan lembaga non keuangan asing, serta lembaga keuangan non asing, yang berdomisili dan melakukan kegiatan usaha di luar wilayah negara Republik Indonesia, yang memberikan pinjaman/hibah kepada pemerintah.

PPK (Pejabat Pembuat Komitmen)

Pejabat yang melaksanakan kewenangan PA/KPA untuk mengambil keputusan dan/atau tindakan yang dapat mengakibatkan pengeluaran atas beban APBN.

PPR (Payment Process Request)/Permintaan Proses Pembayaran

Menu pada aplikasi SPAN yang berfungsi untuk menjalankan proses pembayaran tagihan (penerbitan SP2D) secara batch untuk setiap paygroup.

PPSPM (Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar)

Pejabat yang diberi kewenangan oleh PA/KPA untuk melakukan pengujian atas permintaan pembayaran dan menerbitkan perintah pembayaran.

PR (Purchase Requisition)/Permintaan pembelian

Yaitu permohonan persetujuan untuk pembelian barang atau service. Permohonan ini biasanya berhubungan dengan persetujuanpembelian tentang nilai dari barang yang akan dibeli (jumlah barang, harga barang), spesifikasi dari barang, maupun pengaturan cash, yaitu kapan barang akan dibeli. PR disetujui akan berlanjut ke proses PO.

Pre-funding

Metode pengisianrekening transito dimana rekening tersebut telah berisi sejumlahdana yang akan digunakan untuk membiayai pengeluaran yang dilakukan satker.

Primary key

Nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. [Modul Manajemen Kas]

Prime Pay

Salah satu jenis EFT berupa sistem pembayaran yang memberikan pembayaran untuk masing-masing suplier untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Process Looping/Pengulangan proses

Terjadi apabila salah satu aktivitas dalam proses bisnis tidak memperoleh approval sehingga diperlukan pengulangan atas aktivitas sebelumnya.

Procurement Monitoring Report/Laporan monitoring pengadaan

Untuk PSSU dan PIU Bappenas yang melaksanakan fungsi pengadaan barang/jasa/konsultan wajib menyampaikan Procurement Monitoring Report untuk semua pengadaan yang dikelolanya.Procurement Monitoring Report ini terdiri dari Procurement Process Monitoring untuk Barang dan Procurement Process Monitoring untuk Jasa Konsultan.

Program

Bentuk instrumen kebijakan yang berisi satu atau lebih kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi pemerintah/lembaga atau masyarakat yang dikordinasikan oleh instansi pemerintah untuk mencapai sasaran dan tujuan serta memperoleh alokasi anggaran.

Program Brief

Rilis resmi SPAN yang berisi informasi tentang pencapaian yang telah dicapai.

Progress billing/Termin pembayaran

Jumlah yang ditagih untuk pekerjaan yang dilakukan dalam suatu kontrak baik yang telah dibayar ataupun yang belum dibayar oleh pemberi kerja.

Progress Report/Laporan perkembangan

Laporan yang disusun bertujuan untuk memberikan informasi perkembangan suatu subjek atau objek di tiap tahap tertentu. Informasi perkembangan dapatberupa perubahan, peningkatan, atau tahap-tahap tertentu yang telah tercapai.

Project Cash Forecast

Form ini menggambarkan kebutuhan dana per kategori secara global sesuai dengan kegiatan yang akan dilaksanakan, yang akan dijadikan dasar bagi Bank Dunia untuk mencairkan dana ke dalam Rekening Khusus. Form ini menyajikan perkiraan kebutuhan dana untuk triwulan pertama setelah tanggal pelaporan, kebutuhan dana untuk triwulan kedua setelah tanggal pelaporan, total kebutuhan dana untuk enam bulan kedepan, kebutuhan dana porsi APBN rupiah pendamping enam bulan kedepan, dan kebutuhan dana porsi IBRD/IDA untuk enam bulan kedepan.

Proposal

Rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja, dimana rencana proyek tersebut belum disetujui oleh pemimpinproyek.

Proses bisnis

Serangkaian aktivitas, yang disusun dan dilaksanakan menurut logika tertentu, dalam mengolah input menjadi output yang bernilai bagi stakeholder.

Proses Bisnis SPAN

Serangkaian proses/prosedur yang dilakukan untuk menghasilkan output tertentu dalam kerangka SPAN.

Proses Interface

Proses yang dilakukan untuk memasukkan ADK Resume Tagihan ke tabel utama aplikasi SPAN melalui aplikasi interface.

Proses Unggah

Menu pada aplikasi interface yang berfungsi untuk memasukkan ADK Resume Tagihan ke tabel utama aplikasi SPAN.

PS/2 (Personal System/2)

Istilah yang biasa digunakan untuk menyebut salah satu jenis port atau konektor untuk keyboard dan mouse.

PSO (Projects Support Office)

Suatu organisasi yang berfungsi untuk membantu menangani multiple projects (multiple business unit). PSObertanggung jawab atas manajemen sumber daya manusia yang terlibat di setiap proyek-proyek yang berada di bawah pengawasannya dan membuat master project portfolio operational plan tahunan serta kebutuhan pendanaannya.

PSSU (Project Support and Services Unit)

Suatu unit kerja yang bertugas sebagai penghubung dan melakukan koordinasi dengan Bank Dunia dan lembaga donor lainnya.

PTUP

Pertanggungjawaban atas Tambahan Uang Persediaan.

Purchase order/Perintah pembelian

Proses verifikasi purchase requisition, pemilihansupplier dan pembuatan perjanjian antara satker dengan supplier.

Purchase Order Summary

Ringkasan data permintaan pembayaran dari satker yang masuk ke KPPN.

Purchase requisition/Permintaan pembelian

Pengajuan kebutuhan akan suatu barang atau jasa oleh suatu unit dalam satker kepada unit yang bertugas melakukan pembelian/bagian keuangan.

Purchaser/Pembeli

Seseorang yang memesan barang pada supplier.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 17 June 2015 — 09:00
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme