Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (M)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Main Treasury Office

Kantor perbendaharaan utama Lembaga di tingkat kantor pusat yang diperlukan dalam rangka sentralisasi pembayaran, dalam hal ini kantor pusat DJPB.

Managerial Report/Laporan manajerial

Laporan pendukung yang meliputi laporan standar yang disediakan oleh Oracle dan laporan yang dibuat khusus sesuai keperluan pengguna dalam kustomisasi yang bisa dihasilkan dari sistem kapan pun diperlukan.

Manajemen komitmen

Suatu mekanisme dimana pengeluaran­pengeluaran yang akan terjadi di masa depan, baik itu dalam jangka pendek maupun jangka panjang dapat diketahui dan dikelola oleh Menteri Keuangan selaku BUN.

Manajemen supplier

Suatu cara dalam mengelola data pihak-pihak penerima pembayaran yang menjadi referensi tujuan pembayaran atas beban APBN dalam proses pencairan dana anggaran.

Mandatory

Field data yang wajib terisi, baik secara sistem maupun melalui intervensi manual, sebagai syarat agar data tersebut dapatdiproses ke tahap selanjutnya.

Mandatory field/elemen data wajib isi

Baris data pada tabel di suatu aplikasi yang harus diisikan dengan karakter tertentu sehingga tabel tersebut dapat diverifikasi sebagai tabel yang valid.

Mandatory report

Laporan Keuangan yang secara hukum wajib disajikan oleh entitas akuntansi yang mengelola Keuangan Negara yang berasal dari APBN/APBD, yaitu: Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Saldo Anggaran, Neraca, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Operasional, serta Catatan atas Laporan Keuangan.

Manual Transaksi

Transaksi yang langsung diisi melalui aplikasi SPAN. Dalam hal ini oleh satker BA 999.

Masa Berlaku Kode Billing

Jangka waktu berlakunya (daluarsa) kode billing dan/atau jangka waktu pelunasan tagihan oleh wajib pajak/wajib setor/wajib bayar.

Masa manfaat

Periode suatu Aset Tetap diharapkan dapat digunakan secara ekonomis untuk aktivitas pemerintahan dan/atau pelayanan publik.

Masa Transisi (Legacy)

Masa transisi antara proses bisnis yang saat ini digunakan dengan proses bisnis SPAN yang akan datang.

Maturity Loan

Pinjaman/loan yang sudah jatuh tempo

MBT (Modul Base Training)

Metode pelatihan yang diberikan kepada pengguna SPAN berbasis modul.

Menteri/Pimpinan Lembaga

Pejabat yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan.

Menu Navigasi

Menu panduandalam menjalankan aplikasi SPAN.

Merge Supplier/Penggabungan supplier

Proses menggabungkan dua entitas data supplier (2 NRS) menjadi satu entitas data supplier (1 NRS).

Metode Direct Contracting

Metode pengadaan tanpa kompetisi (sumber tunggal). Metode ini dapat dilaksansakan bila memenuhi ketentuan seperti dalam kasus luar biasa (kasus bencana alam).

Metode Individual Consultants/Metode konsultan perorangan

Seleksi melalui kompetisi diantara minimal tiga orang konsultan yang telah menyatakan minat (melalui surat lamaran) atau berdasarkan informasi kualifikasi tenaga ahli untuk pekerjaan yang ditawarkan. Untuk mendapatkan calon konsultan dengan kualifikasi yang diinginkan, panitia dapat membuat iklan,membuat CV dari perusahaan yang mempunyai calon konsultan yang sesuai, atau dengan cara lainnya dengan persetujuan ketua panitia.

Metode Shopping

Suatu metode pengadaan barang yang sederhana untuk pengadaan barang eceran, berspesifikasi standar, atau mempunyai nilai kurang dari USD50,000. Metode ini dilaksanakan dengan membandingkan penawaran harga dari minimum tiga penyedia barang.

Migration/Migrasi

Proses memindahkan data dari satu sistem ke sistem yang lain.

Milestone

  1. Tahapan dari suatu program atau proyek yang dimaksudkan sebagai pengawasan dan pengukuran kinerja dari proyek tersebut.
  2. Kegiatan terjadwal yang menunjukkan penyelesaian atas suatu bagian dari pekerjaan (proyek) tersebut.

Mitigasi

Upaya menanggulangi dan memetakan setiap permasalahanyang timbul dengan menggunakan solusi terbaik.

Model Desentralisasi

Salah satu model dalam manajemen pembayaran di mana proses pembayaran telah diserahkan kepada Spending Unit/Line Minister. DJPBN hanya bertugas sebagai pengawas dan membentuk pengendalian.

Model Sentralisasi

Salah satu model dalam manajemen pembayaran di mana proses pembayaran masih do- minan dilakukan oleh pihak treasury.

Modem (Modulator Demodulator)

Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Modul Akuntansi dan Pelaporan

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi-fungsi penyusunan laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan APBN yang meliputi pemutakhiran data Bagan Akun Standar, konversi data transaksi keuangan, koreksi data transaksi keuangan, penyesuaian sisa pagu, jurnal penyesuaian, rekonsiliasi data, dan laporan keuangan.

Modul GL dan CoA

Modul dalam SPAN yang terkait dengan pengembangan proses akuntansi dan Bagan Akuntansi Standar.

Modul Kas

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi- fungsi pengaturan rekening milik BUN, perencanaan kas, pemindahbukuan dana, rekonsiliasi bank, dan pelaporan manajerial.

Modul Komitmen

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi-fungsipengelolaan data supplier dan data kontrak yang meliputi pendaftaran, perekaman, validasi, perubahan, penggunaan, dan pembatalan data supplier/kontrak, termasuk penerbitan dan penyampaian Nomor Register Supplier/Nomor Register Kontrak/informasi penolakan pendaftaran data supplier atau data kontrak.

Modul Pembayaran

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi­fungsi pelaksanaan pembayaran atas beban APBN dan/atau pengesahan pendapatan dan belanja yang meliputi penerbitan SP2D, penerbitan warkat dan bilyet giro, penerbitan surat pengesahan pendapatan dan belanja, penerbitan aplikasi penarikan dana, dan penerbitan Surat Kuasa Pembebanan Letter of Credit (SKP- LC).

Modul Penerimaan

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi­fungsi penatausahaan transaksi penerimaan negara yang diterima melalui Rekening Milik BUN di Bank Indonesia, melalui Bank/Pos Persepsi, serta melalui potongan Surat Perintah Membayar atau pengesahan pendapatan dan belanja oleh KPPN.

Modul Penganggaran

Bagian dari SPAN yang melaksanakan fungsi­fungsi penganggaran yang meliputi perencanaan anggaran, penyusunan anggaran, pembahasan anggaran dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, penetapanalokasi anggaran, penyusunan Rancangan APBN- Perubahan, revisi anggaran, dan monitoring dan evaluasi kinerja anggaran.

Monitoring

Kegiatan untuk mengikuti dan mengetahui perkembangan setiap proses kegiatan secara terus-menerus baik langsung maupun tidak langsung.

MoSA (Management of Spending Authority)/Manajemen DIPA

Batasan-batasan yang harus diperhatikan oleh satker dalam melakukan pengeluaran/pelaksanaan anggaran/membuat perikatan dengan pihak lain. Di dalam SPAN, MoSA termasuk ke dalam proses pelaksanaan anggaran dan dijelaskan dalam modul MoSA.

MoU (Memorandum of Understading)/Nota kesepahaman

Dokumen kesepakatan yang tingkatan hukumnya di bawah surat perjanjian. Dokumen ini hanya merupakan sebuah Nota Kesepahaman dan tidak memiliki ikatan hukum bagi para pihak terkait.

MP (Maksimum Pencairan)

Jumlah maksimal dana PNBP yang dapat dicairkan oleh satker.

MPHL-BJS (Memo Pencatatan Hibah Langsung Bentuk Barang/Jasa/Surat Berharga)

Dokumen yang diterbitkan oleh PA/KPA atau pejabat lain yang ditunjuk untuk mencatat/membukukan pendapatan hibah langsung dalam bentuk barang/jasa/surat berharga dan belanja barang untuk pencatatan persediaan dari hibah atau belanja modal untuk pencatatan aset tetap/aset lainnya dari hibah atau pengeluaran pembiayaan untuk pencatatan surat berharga dari hibah.

MPN (Modul Penerimaan Negara)

Modul penerimaan yang memuat serangkaian prosedur mulai dari penerimaan, penyetoran, pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran, sampai dengan pelaporan yang berhubungan dengan penerimaan negara dan ber-interface dengan SPAN.

MPN-G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua)

Pengembangan dari MPN (ModulPenerimaan Negara) dengan penekanan pada pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem pembayaran penerimaan negara melalui sistem billing dan switching.

MPN-Mobile

Unit pelayanan bergerak yang disediakan oleh biller untuk daerah-daerah yang masih terbatas ketersediaan infrastruktur teknologi informasinya.

MTDF (Multi-Donor Trust Fund)

Sebuah mekanisme di mana beberapa negara donor berkumpul dan bekerjasama untuk melakukan suatu kegiatan dalam isu yang sama. Kegiatan itu dapat dilaksanakan di dalam satu negara atau secara global di banyak negara. Contohnya trust fund yang digunakan di satu negara adalah bantuan Pemilu di Indonesia. Dasar pemikiran pembentukan trust fund adalah agar bantuan yang diberikan dapat dilaksanakan secara lebih efisien. Hal lain yang mendasari bantuan di suatu negara adalah penilaian bahwa negara tersebut tidak mampu melakukan kegiatan secara bilateral.

MTEF (Medium Term Expenditure Framework )/Kerangka pengeluaran jangka menengah

Kerangka kerja dalam penganggaran yang mempertimbangkan implikasi anggaran dalam jangka menengah (lima tahun). Penganggaran ini berdasarkan kebijakan, dengan pengambilan keputusan terhadap kebijakan tersebut dilakukan dalam perspektif lebih dari satu tahun anggaran, dengan mempertimbangkan implikasi biaya keputusan yang bersangkutan pada tahun-tahun berikutnya yang dituangkan dalam prakiraan maju.

Multi Beneficiaries

Invoice yang muncul terhadap SPM bersifat multi beneficiaries yaitu invoice akan muncul sebanyak jumlah penerima yang ada dalam suatu SPM.

Multiyears Contract

Lihat Kontrak Tahun Jamak.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 5 March 2015 — 08:29
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme