Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (F)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

FA (Fund Availability)/Ketersediaan dana

Dana pagu DIPA yang tersedia setelah dikurangkan dengan encumbrance dan realisasi pengeluaran.

Familiarisasi Aplikasi SPAN

Proses awal pengenalan aplikasi SPAN kepada pengguna (end user) dimana pengguna yang ada di masing-masing unit vertikal KPPN/Kanwil mencoba melakukan akses langsung ke dalam aplikasi SPAN sesuai dengan skenario transaksi sederhana yang telah ditentukan sebelumnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Istilah yang digunakan untuk menunjuk kepada daftar pertanyaan yang sering diajukan mengenaisuatu hal. Sebuah FAQ berisi daftar pertanyaan beserta jawabannya.

Fedwire

Salah satu jenis EFT yang digunakan pemerintah AS berupa sistem telekomunikasi yang menghubungkan 12 federal reserve district banks dana beberapa US depository institutions.

FGD (Focus Group Discussion)

Kegiatan diskusi kelompok yang diadakan untuk kepentingan khusus guna mendiskusikan suatu masalah tertentu melalui curah pendapat(brainstorming) dengan pesertaterfokus dan bersifat homogen.

Field

Baris data pada tabel di suatu aplikasi yang harus diisikan dengan karakter tertentu sehingga tabel tersebut dapat diverifikasi sebagai tabel yang valid.

Fiscal Capacity/Kapasitas fiskal

Gambaran kemampuan keuangan daerah yang dicerminkan melalui pendapatan daerah, tidak termasuk Dana Alokasi Khusus, Dana Darurat, dan penerimaan lain yang penggunaannya dibatasi untuk membiayai pengeluaran tertentu, dikurangi dengan belanja pegawai serta dikaitkan dengan jumlah penduduk miskin.

Fiscal Space/Ruang fiskal

Ruang anggaran yang dapat dipergunakan K/L untuk mengajukan inisiatif baru. Ruang fiskal ini dapat dilihat dari selisih perhitungan prakiraan maju K/L yang telah diperbaiki dan disesuaikan dengan pagu K/L yang ada pada RKP/RPJMN tahun yang direncanakan.

Fit Out

Untuk melengkapi atau memasok dengan peralatan yang diperlukan ataupun dengan peralatan yang baru.

Fit-gap analysis

Analisis yang didapatkan dari proses menguji atau membandingkan fitur yang dimiliki oleh suatu barang yang ditawarkan (dalam konteks pengembangan SPAN berarti aplikasi COTS Oracle) dengan kebutuhan yang diinginkan. Proses pengujian ini antara lain dilakukan dengan Conference Room Pilot/CRP.

Flash report/Laporan harian

Pelaporan harian data SAI dan SAKUN dari KPPN.

Fluctuating fund/Saldo fluktuatif

Dana yang diberikan kepada suatu unit untuk peruntukan pembiayaan keperluan sehari-hari yang telah ditentukan, dengan nilai yang harus dipertanggungjawabkan dalam jangka waktu tertentu dan tidak diikuti dengan kewajiban pengisian kembali (revolving).

Flux

Alat untuk mengecek koneksitas kabel UTP jaringan, apakah koneksinya baik atau terputus.

FMR (Financial Monitoring Report)

Laporan hasil pengelolaan keuangan, status Rekening Khusus, dan perkiraan dana yang dibutuhkan untuk 6 bulan kedepan. Laporan ini juga harus dilampiri dengan Laporan Monitoring Kontrak dan Laporan Pengadaan Barang/Jasa untuk memantau apakah kemajuan kontrak dan status pengadaan sudah sesuai dengan hasil pengelolaan keuangan.

Force Majeure/keadaan kahar

Suatu keadaan di luar kehendak, kendali dan kemampuan pengelola sistem elektronik SPAN sepertiterjadinya bencana alam, kebakaran, pemogokan umum, perang (dinyatakan atau tidak dinyatakan), pemberontakan, revolusi, makar, huru-hara, terorisme, sabotase,termasuk kebijakan pemerintah yang mengakibatkan sistem elektronik SPAN tidak berfungsi.

FPM (Future Process Model)/Model proses masa depan

Model proses bisnis dan teknologi yang akan diterapkan di masa yang akan datang.

FSG

Alat yang dipakai dalam aplikasi Oracle, untuk menghasilkan laporan keuangan yang terdiri dari kumpulan kolom dan kumpulan baris.

FTP (File Transfer Protokol)

Suatu protokol yang berfungsi untuk tukar­ menukar file dalam suatu network yang mensupport TCP/IP protokol.

Fund Availability/Informasi ketersediaan dana

Informasi ketersediaan dana yang digunakan sebagai dasar dilakukannya sebuah komitmen atau tidak.

Fund Available/Dana yang tersedia

Jumlah dana yang masih tersedia dalam anggaran diluar dana yang telah dicairkan dan atau dicatatkan komitmennya.

Fund management/Manajemen dana

Secara harfiah berarti manajemen dana, merupakan istilah yang umum digunakan sebagai definisi pengelolaan keuangan di bidang pemerintahan.

Future Bisnis Proses

Bisnis proses yang akan datang (setelah penerapan SPAN).

Future vision business process

Suatu prosedur atau tata cara yang merupakan penyempurnaan dari proses bisnis saat ini dengan maksud pencapaian tujuan organisasi dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 5 March 2015 — 08:29
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme