Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Wikiapbn Akan Dikelola Kantor

Dalam waktu dekat, pengelolaan Wikiapbn akan dilaksanakan oleh sebuah tim yang dibentuk di salah satu unit eselon I Kementerian Keuangan, yaitu Ditjen Perbendaharaan. Saya termasuk salah satu anggota dalam tim tersebut. Kepastian ini diperoleh setelah Ditjen Perbendaharaan yang diprakarsai oleh Direktorat Sistem Perbendaharaan menyelenggarakan konsinyering tanggal 31 Maret hingga 1 April lalu di Hotel Aryaduta Jakarta.

Di bawah manajemen baru nanti, halaman utama Wikiapbn akan diubah menjadi portal peraturan Ditjen Perbendaharaan. Tahap pertama yang harus segera dicapai oleh tim situs peraturan adalah melengkapi tabel-tabel Peraturan Dirjen Perbendaharaan yang dibuat per tahun dari 2005 sampai 2011. Tabel terdiri atas tiga kolom, yaitu nomor, hal (tentang), dan pranala unduh (link download) . Setelah itu, pengembangan akan dilanjutkan dengan melengkapi tabel-tabel peraturan lain, dimulai dari peraturan yang paling terkait dengan tugas pokok dan fungsi Ditjen Perbendaharaan. Dalam melengkapi tabel, diprioritaskan peraturan yang terbaru. Ambisi besar yang ingin dicapai adalah menjadikan Wikiapbn sebagai direktori peraturan yang terlengkap di lingkup Kementerian Keuangan.

Dikatakan sebagai direktori, karena Wikiapbn memprioritaskan penyajian pranala ke berkas peraturan di situs lain, ketimbang menyajikan peraturan secara utuh. Pemuatan semua peraturan secara full text bukan cuma menjadi pekerjaan yang memberatkan, tetapi juga akan tumpang-tindih dengan penyajian peraturan yang sudah ada di situs lain. Meski demikian, tidak ditutup cara merekam teks peraturan secara keseluruhan di Wikiapbn, karena akan lebih memudahkan penjelasan kata demi kata dalam peraturan.

Perubahan pengelolaan ini juga mungkin berefek ke perubahan nama domain, yaitu mengikuti perbendaharaan.go.id atau depkeu.go.id. Perubahan ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan situs Wikiapbn menuju situs yang lengkap dan terpercaya, sejajar dengan situs-situs Kementerian Keuangan lainnya.

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 8 March 2016 — 18:43
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme