Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Surat Elektronik Resmi Kementerian Keuangan

Surat Elektronik Resmi Kementerian Keuangan yang adalah surat elektronik yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara resmi di lingkungan Kementerian Keuangan. Surat elektronik (disingkat surel) lebih dikenal dengan sebutan dalam bahasa Inggris “email” (singkatan dari electronic mail).  Untuk selanjutnya dalam artikel ini juga akan dipergunakan sebutan “email”.

Email resmi Kementerian Keuangan dipergunakan oleh perorangan, unit-unit organisasi, atau untuk keperluan lainnya di Kementerian Keuangan

Sejarah

Pada awalnya, alamat-alamat Internet resmi Kementerian Keuangan (situs web, email, dll.) menggunakan domain depkeu.go.id. Sebab, pada saat domain didaftarkan kementerian ini masih menggunakan nomenklatur Departemen Keuangan. Ketika pada 2010 nomenklatur secara resmi berubah menjadi Kementerian Keuangan, domain kemenkeu.go.id didaftarkan. Secara bertahap alamat Internet di Kementerian Keuangan yang berdomain depkeu.go.id dimigrasikan menjadi kemenkeu.go.id.

Migrasi alamat email @depkeu.go.id menjadi @kemenkeu.go.id terakhir dilaksanakan pada bulan September 2015, yaitu migrasi alamat-alamat email di lingkungan Ditjen Perbendaharaan sebagai unit organisasi terakhir yang dimigrasikan.

Hal Baru Dalam Email @kemenkeu.go.id

Alamat email berdomain @kemenkeu.go.id memiliki beberapa hal yang berbeda dibandingkan email lama @depkeu.go.id. Yang pertama adalah alamat akses. Email @depkeu.go.id diakses menggunakan alamat web https://mail.depkeu.go.id , sedangkan alamat email @kemenkeu.go.id diakses dengan alamat web https://webmail.kemenkeu.go.id .

Hal lain yang membedakan adalah dalam hal ketersediaan layanan POP (post office protocol), yaitu layanan protokol yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses email langsung ke server tanpa harus membuka halaman web email. Alamat server POP biasanya berpola pop3.namadomain.com. Karena itu, layanan ini dikenal pula dengan sebutan POP3. Dengan layanan POP3, pengguna dapat mengakses email dengan menggunakan mail client di komputer atau memanfaatkan sarana push email di perangkat telepon pintar. Saat masih menggunakan @depkeu.go.id, POP3 disediakan. Namun, ketika beralih ke @kemenkeu.go.id, layanan POP3 tidak lagi disediakan. Meskipun demikian, kemudahan push email di ponsel pintar tetap dapat diperoleh.

Cara Menggunakan Email @kemenkeu.go.id melalui Web

Langkah-langkah penggunaan alamat email berdomain @kemenkeu.go.id melalui web adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi browser web, lalu buka halaman web https://webmail.kemenkeu.go.id.
  2. Pada kotak “domain\user name”, isikan KEMENKEU\nama-pengguna. Contoh: “KEMENKEU\rhoma_irama”.
  3. Pada kotak “password”, isikan kata sandi yang Anda miliki.
  4. Klik “Sign in”.
  5. Jika Anda baru pertama kali masuk log ke email @kemenkeu.go.id, maka Anda akan diminta untuk mengubah kata sandi. Jika sudah pernah masuk log, maka Anda dapat melanjutkan menuju ke kotak email masuk Anda.
  6. Untuk keluar, klik tombol “Sign out” di sebelah kanan atas. Jika Anda tidak melakukan aktivitas dengan email Kemenkeu dalam beberapa menit, maka Anda akan dikeluarkan secara otomatis dan Anda harus memasukkan kata sandi lagi untuk masuk log.

Cara Menerapkan “Push Email” @kemenkeu.go.id melalui Ponsel Android

Langkah-langkah penerapan push email berdomain @kemenkeu.go.id pada ponsel bersistem operasi Android adalah sebagai berikut:

  1. Pilih ikon Email pada daftar aplikasi Android.
  2. Sesaat kemudian akan muncul dialog yang menanyakan alamat email dan password. Masukkan alamat email Kemenkeu Anda beserta kata sandinya, sehingga muncul tombol “Manual Setup” di pojok kiri bawah. Lalu, pilih tombol “Next”.
  3. Pada menu selanjutnya, pilih mode konfigurasi email “Exchange Active Sync”.
  4. Selanjutnya, isikan data yang diperlukan ketika muncul dialog “Incoming Settings” dengan detail sebagai berikut:
    1. Isi kotak teks “Domain\Username” dengan KEMENKEU\nama-pengguna. Contoh: “KEMENKEU\rhoma_irama”.
    2. Isi kotak teks “Password” dengan kata sandi email Kemenkeu Anda.
    3. Isi kotak teks “Server” dengan “webmail.kemenkeu.go.id”.
    4. Isi kotak centang (checkbox) “Use secure connection (SSL)”.
    5. Isi kotak centang “Accept all SSL certificate”.
    6. Kosongkan kotak centang “Use client certificate”.
    7. Tekan “Next”.
  5. Setelah kita pilih Next, maka akan muncul notifikasi “Remote security adminstration” dengan pemberitahuan “Server webmail.kemenkeu.go.id requires remote control of some security features. Continue account setup?”
    Pilih “OK”.
  6. Selanjutnya, akan muncul halaman “Account Settings”. Ini pengaturan lanjutan yang dapat dipilih sesuai dengan selera Anda.
  7. Apabila proses konfigurasi email telah selesai, pilih “Next” dan akan muncul menu “Security settings update”. Tekan “Next”.
  8. Selanjutnya akan muncul halaman “Activate device adminstrator”. Pilih “Activate”.
  9. Tunggu sampai proses sinkronisasi email selesai.
  10. Jika proses sinkronisasi berhasil, maka akan muncul email-email Anda. Tunggu proses sinkronisasi sampai selesai (email yang terakhir diterima pada hari ini/latest update mail).
  11. Apabila proses sinkronisasi email Kemenkeu telah selesai, maka pada Inbox Anda akan berubah menjadi TODAY.

Langkah-langkah di atas mungkin saja agak berbeda antara perangkat Android satu dan lainnya, namun tetap dengan cara pengisian yang sama.

Pranala Luar

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
  • Thomas Irwan Kristanto

    om, kalau saya lupa password email kemenkeu, saya harus menghubungi siapa ya om?

Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme