Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (N)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Nama Rekening

Nama yang terdaftar dalam rekening koran bank untuk suatu nomor rekening tertentu.

Nama Supplier

Nama pihak yang berhak menerima pembayaran atas beban APBN. Dalam aplikasi SPAN, nama supplier memiliki kesamaan makna/arti dengan “Nama Pemasok” atau “SPAN Nama Supplier” padalaporan terkait supplier dan kontrak.

Navigasi

Penentuan/petunjuk dari button-button pada menu di dalam aplikasi

NCB (National Competitive Bidding)/Lelang kompetitif nasional

Sistem pengadaan barang nasional yang mempersaingkan para rekanan nasional, meskipun tidak tertutup kemungkinan keikutsertaan peserta dari luar negeri. NCB merupakan metode pengadaan yang paling sesuai untuk pekerjaan yang secara geografis tersebar atau rentang waktu yang panjang, pekerjaan yang membutuhkan banyak tenaga kerja, atau barang lokal yang tersedia dengan harga lebih rendah daripada pasar internasional.

Need by Date/Kebutuhan menurut tanggal

Waktu angsuran yang direncanakan dan disampaikan oleh satker kepada KPPN melalui purchase order.

Net Realizable Value/Nilai bersih yang dapat direalisasikan

Nilai buku piutang setelah dikurangi alokasi penyisihan piutang tak tertagih.

Network/Jaringan

Sebuah sistem yang terdiri atas komputer­komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (Printer, CPU), berkomunikasi (pesan instan), dan dapat mengakses informasi (jelajah web).

Network Printer Color Laser

Alat untuk mencetak karakter atau gambar yang berwarna ke suatu media (seperti kertas) melalui jaringan dengan menggunakan laser dengan kemampuan dapat diakses melalui jaringan.

Network Printer Laser Monochrome

Alat untuk mencetak karakter atau gambar satu warna ke suatu media (seperti kertas) melalui jaringan dengan menggunakan laser.

New Contract Upload

Salah satu menu di dalam aplikasi dengan responsibility staff FO dimana kegiatan yang dilakukan adalah aktifitas awal dari proses pendaftaran kontrak baru pada satker non BA 999.

NoD (Notice of Disbursement)

Dokumen yang menunjukkan bahwa Pemberi PHLN telah melakukan pencairan PHLN yang antara lain memuat informasi PHLN, nama proyek, jumlah uang yang telah ditarik (disbursed), cara penarikan, dan tanggal transaksi penarikan yang digunakan sebagai dokumen sumber pencatatan penerimaan pembiayaan dan/atau pendapatan hibah.

Nodis (Nota Disposisi)

Surat yang diterbitkan oleh Bank Indonesia atau Bank yang antara lain memuat informasi realisasi L/C dan berfungsi sebagai pengantar dokumen kepada importir.

Nomor BOR (Bank Own Reference)

Bukti pembayaran dana SP2D dengan mekanisme BI-RTGS

Nomor CAN

Lihat CAN.

Nomor Penerimaan Retur

Nomor yang tertera pada Daftar Penerimaan Retur yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara atas dana retur SP2D yang diterima pada Rekening Retur KPPN/BO I Pusat.

Nomor PO (Purchase Order)

Nomor unik yang dihasilkan oleh sistem sebagai identitas untuk setiap entitas data kontrak yang lulus validasi dan diproses ke tahap selanjutnya oleh petugas FO KPPN. Entitas data kontrak dibedakan atas setiap kombinasi nomor kontrak dan mata uang yang unik. Dalam aplikasi SPAN, Purchase Order memiliki kesamaan makna/arti dengan “Order.”

Nomor Sakti

Nomor konfirmasi dari Bank Indonesia atas transaksi pelimpahan penerimaan negara.

Nomor SOR (Server Own Reference)

Bukti pembayaran dana SP2D dengan mekanisme SKN-BI

Non monetary transaction/Transaksi non moneter

Transaksi yang tidak mengakibatkan aliran perpindahan dana, melainkan hanya transfer barang, jasa, atau aset dari satu pihak kepada pihak lain.

Non produced assets

Dalam neraca dipersamakan dengan aset tetap Aset yang belum dipakai dan digunakan untuk produksi, misal tanah, cadangan minyak, dan aset tak berwujud lain. Aset ini memasuki sistem GFS melalui alur ekonomi lainnya bukan melalui transaksi.

Nota debet

Memo pembukuan atas suatu transaksi debit.

Nota Konfirmasi Setoran

Penerimaan Negara

Dokumen yang berisi rincian transaksi penerimaan Negara beserta rincian konfirmasi data setoran penerimaan negara.

Nota kredit

Memo pembukuan atas suatu transaksi kredit.

Nota/Advis debet

Warkat pembukuan atas realisasi penarikan pinjaman luar negeri yang akan digunakan sebagai dasar pengkreditan dan pendebetan Rekening Kas Negara sebagai penerimaan dan pengeluaran APBN

Notifikasi

Pemberitahuan; kabar.

NPPHLN (Naskah Perjanjian Pinjaman/Hibah Luar Negeri)

Naskah perjanjian atau naskah lain yang disamakan yang memuat kesepakatan mengenai Pinjaman Luar Negeri atau Hibah Luar Negeri antara pemerintah Republik Indonesia dan pemberi pinjaman/hibah luar negeri.

NPPP (Naskah Perjanjian Penerusan Pinjaman)

Naskah perjanjian tentang Penerusan Pinjaman Luar Negeri atau Hibah Luar Negeri antara pemerintah R.I. c.q. Menteri Keuangan atau kuasanya dan penerima penerusan pinjaman.

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)

Nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

NRK (Nomor Registrasi Kontrak)

Nomor unik yang dihasilkan oleh sistem sebagai identitas untuk setiap entitas data kontrak yang disetujui oleh petugas pemberi persetujuandata kontrak di KPPN. NRK merupakan kombinasi dari beberapa kode yang salah satunya adalah nomor Purchase Order.Dalam aplikasi SPAN, Nomor Register Kontrak memiliki kesamaan makna/arti dengan “CAN” (Commitment Application Number).

NRS (Nomor Registrasi Supplier)

Nomor unik yang dihasilkan oleh sistem sebagai identitas untuk setiap entitas data supplier yang disetujui oleh petugas pemberi persetujuandata supplier di KPPN. Entitas data supplier dibedakan atas setiap kombinasi nama supplier dan NPWP supplier yang unik. Dalam aplikasi SPAN, Nomor Register Supplier memiliki kesamaan makna/arti dengan “Nomor Pemasok” atau “SPAN No.Supplier” pada laporan terkait supplier dan kontrak.

NTB (Nomor Transaksi Bank)

Nomor bukti transaksi penyetoran Penerimaan Negara yang diterbitkan oleh Bank.

NTP (Nomor Transaksi Pos)

Nomor bukti transaksi penyetoran penerimaan negara yang diterbitkan oleh Pos.

NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara)

Nomor yang tertera pada bukti penerimaan negara yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 5 March 2015 — 08:29
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme