Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (L)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

L/C (Letter of Credit)

Janji tertulis dari bank penerbit L/C (issuing bank) yang bertindak atas permintaanpemohon (applicant) atau atas namanya sendiri untuk melakukan pembayaran kepada pihak ketiga atau eksportir atau kuasa eksportir (pihak yang ditunjuk oleh beneficiary/supplier) sepanjang memenuhi persyaratan L/C.

LAK (Laporan Arus Kas)

Laporan yang menyajikan informasi kas sehubungan dengan aktivitas operasi, investasi, pendanaan, dan transitoris yang menggambarkan saldo awal, penerimaan, pengeluaran, dan saldo akhir kas pemerintah pusat/daerah selama periode tertentu.

LAN (Local Area Network)/Jaringan wilayah lokal

Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN.

Laporan Hasil Rekonsiliasi Rekening Koran

Laporan yang memuat hasil rekonsiliasi antara data transaksi yang ada pada SPAN dengan data transaksi pada rekening koran yang diterima dari Bank Indonesia/Bank Umum/Pos.

Laporan Kas Posisi

Laporan yang menyajikan informasi saldo Rekening milik BUN pada tanggal atau periode tertentu.

Laporan Keuangan

Bentuk pertanggungjawaban Pemerintah atas pelaksanaan APBN berupaLaporan Realisasi Anggaran, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Laporan Keuangan Konsolidasi

Laporan keuangan yang merupakan gabungan keseluruhan laporan keuangan entitas pelaporan atau entitas akuntansi, sehingga tersaji sebagai satu entitas tunggal.

Laporan Operasional

Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan

Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Laporan Perubahan Saldo

Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan SAL tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Laporan Rekonsiliasi Cash Management dengan General Ledger

Laporan Hasil Rekonsiliasi antara modul Cash Management dan Modul GL.

Laporan Tahunan

Laporan tahunan ini disajikan dalam rangka pemeriksaan yang akan dilakukan oleh BPKP. Laporan tahunan yang harus disiapkan oleh PSSU berdasarkan FMR selama periode pelaporan selama satu tahun anggaran. Laporan ini harus dilengkapi dengan Catatan atas Laporan Keuangan berupa narasi tentang gambaran umum, kebijakan akuntansi, dan penjelasan pos­pos yang ada pada Laporan Pokok. Penjelasan ini harus mengungkapkan kejadian-kejadian penting baik selama satu tahun pelaporan maupun kejadian penting setelah tanggal pelaporan sampai dengan tanggal selesainya penyusunan Laporan Tahunan tersebut.

Laporan Transaksi yang masih belum direkonsiliasi

Laporan yang memuat transaksi pada SPAN yang belum direkonsiliasi dengan data transaksi pada rekening koran diterima dari Bank Indonesia/Bank Umum/Pos.

Launch Journal Wizard

Menu yang digunakan untuk pembuatan file web ADI jurnal.

LED (Light Emitting Diode)

Suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Merupakan pengembangan dari LCD, biasanya merupakan jenis lampu atau layar.

Legacy System

Sistem yang masih dipakai namun tidak dikembangkan lagi.

Legal Drafting

Proses yang terjadi sebelum penyusunan peraturan perundang-undangan.

Lender/Pemberi pinjaman

Pihak baik lembaga asing/negara asing yang memberikan pinjaman/hibah luar negeri.

Letter of Credit

Lihat L/C.

LHP (Laporan Harian Penerimaan)

Laporan harian penerimaan negara yang dibuat oleh bank/pos yang berisi Rekapitulasi Penerimaan dan Pelimpahan, Rekapitulasi Nota Kredit, dan daftar nominatif penerimaan. beserta Arsip Data Komputer (ADK)­nya.

Line item budgeting

Penyusunan anggaran yang didasarkan kepada dan dari mana dana berasal (pos­pos penerimaan) dan untuk apadana tersebut digunakan (pos-pos pengeluaran).

Line-in

Hardware input untuk memasukkan suara (microphone).

Line-out

Hardware output untuk mengeluarkan suara.

List of Value (LOV)

Daftar pilihanyang telah tersedia pada menu yang memerlukan isian, sehingga pengguna aplikasi tidak perlu mengetik secara manual.

LKKL (Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga)

Bentuk pertanggungjawaban kementerian negara/lembaga atas pelaksanaan APBN selaku pengguna anggaran.

LKM (Lembaga Keuangan Mikro)

Lembaga keuangan yang berstatus badan hukum sebagai penanggung jawab pemberian stimulan untuk perumahan swadaya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah, antara lain Koperasi, Koperasi Syariah, dan Pegadaian.

LKNB (Lembaga Keuangan Non-Bank)

Lembaga keuangan yang berstatus badan hukum sebagai penanggung jawab pemberianstimulan untuk perumahan swadaya untuk masyarakat berpenghasilan rendah, antara lain Koperasi, Koperasi Syariah, dan Pegadaian.

LKP (Laporan Kas Posisi)

Laporan manajerial pengelolaan kas yang menggambarkan posisi awal kas, kas masuk, kas keluar, dan posisi akhir kas rekening Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah.

LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat)

Bentuk pertanggungjawaban pemerintah atas pelaksanaan APBN berupaLaporan Realisasi Anggaran, neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan.

LO (Laporan Operasional)

Salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

Locking Upload

Proses penguncian upload ADK dikarenakan proses revisi sebelumnya belum selesai

Log

Catatan perubahan yang dibuat terhadap suatu aplikasi sehingga dapat dilakukan monitoring atas ADK yang dikirim lebih dari satu, perubahan ADK dan lain-lain.

LRA (Laporan Realisasi Anggaran)

Laporan yang menyajikan informasi realisasi pendapatan, belanja, transfer, surplus/defisit, pembiayaan, dan sisa lebih/kurang pembiayaan anggaran, yang masing­masing diperbandingkan dengan anggarannya dalam satu periode.

LS

Lihat Pembayaran Langsung.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 5 March 2015 — 08:28
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme