Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (K)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Kantor Pos

Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai unit pelaksana teknis di daerah yaitu Sentral Giro/Sentral Giro Gabungan/Sentral Giro Gabungan Khusus serta Kantor Pos dan Giro.

Kantor Pos Pengeluaran

Kantor Pos mitra kerja Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah yang menyalurkan dana SP2D Non Gaji Bulanan dan/atau Surat Perintah Pencairan Dana Gaji Bulanan.

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan

Instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Perbendaharaan.

Kapasitas manfaat/kapasitas produksi

Jumlah produksi atau unit serupa yang diharapkan diperoleh dari Aset Tetap untuk aktivitas pemerintahan dan/atau pelayanan publik.

Karwas (Kartu Pengawasan)

Kartu yang dipakai untuk pengawasan realisasi belanja dibandingkan pagu anggaran yang tersedia.

Kas Negara

Tempat menyimpan uang negara yang ditentukan Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara untuk menampung seluruh penerimaan negara dan membayar seluruh pengeluaran negara.

Keadaan kahar

Lihat force majeure.

Kelompok Rekening Pembayar

Kodifikasi tipe-tipe rekening dalam aplikasi SPAN yang digunakan untuk melakukan proses pembayaran atas tagihan yang sesuai dengan kriteria tertentu dalam SPM.

Kementerian Negara/Lembaga

Kementerian negara/lembaga pemerintah non kementerian negara/lembaga negara.

Keyboard

Hardware input untuk memasukkan perintah alfanumerik.

KIPS (Kartu Identitas Petugas Satker)

Kartu yang menunjukkan identitas petugas satuan kerja (satker) yang ditunjuk oleh Kuasa Pengguna Anggaran untuk menyampaikan Surat Perintah Membayar (SPM) dan mengambil Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D)

KISS (Komite Implementasi SPAN dan SAKTI)

Suatu komite yang bertujuan untuk menjaga dan mendukung kesuksesan implementasi SPAN dan SAKTI di unitnya dan pihak eksternal yang terkait dengan unitnya. Jabatan ketua dan wakil ketua di tingkat Kantor Pusat dan KPPN dijabat oleh pejabat eselon III dan IV yang ditunjuk, sedangkan tingkat di Kanwil dijabat oleh pejabat eselon II dan III yang ditunjuk.

KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja Sama)

Para kontraktor BPMIGAS yang memiliki hak untuk melakukan kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemasaran minyak dan gas bumi di Indonesia.

Klaim finansial

Aset yang memberikan hak kepada satu pihak yaitu pemilik aset, misalnya seorang kreditur akan menerima pembayaran dari pihak kedua atau debitur.

Kliring

Penyelesaian pembukuan dan pembayaran antarbank dengan memindahkan saldo kepada pihak yang berhak.

Knowledge Management/

Manajemen pengetahuan

Kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisir, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan,baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara­cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Kode IBAN (International Bank Account Number)

Sistem standar penomoran rekening bank yang digunakan untuk menyederhanakan transaksi yang berkaitan dengenrekening perbankan antarnegara. Fungsinya sama seperti kode SWIFT, hanya lebih popular dan sering digunakan di negara-negara Uni Eropa.

Kode Satker

Kode dalam enam angka yang ditetapkan oleh Ditjen Anggaran sebagai identitas dari sebuah Satker. Kode Satker digunakan dalam dokumen-dokumen anggaran, yaitu pada DIPA, SPM, SP2D, dan lain­lainnya.

Kode Site Supplier

Kombinasi antara kode tipe supplier dengan kode pos supplier. Dalam aplikasi SPAN, kode site supplier memiliki kesamaan makna/arti dengan “nama alamat” atau “Nama Site” pada laporan terkait supplier dan kontrak.

Kode SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecomunications)

Kodifikasi yang menunjukan cabang suatu bank yang berlaku internasional yang digunakan untuk melakukan transaksi perbankan ke bank luar negeri.

Komitmen

Perikatan antara satker dengan pihak ketiga (supplier) yang ditandai dengan kontrak atau surat perjanjian tertentu.

Komitmen Tahunan Kontrak Tahun Jamak

Komitmen tahun tunggal sebagai bagian dari Kontrak Tahun Jamak.

Komponen Pendukung

Merupakan komponen – komponen, pembiayaan yang digunakan dalam rangka menjalankan dan mengelolakebijakan tersebut.

Komponen Utama

Merupakan komponen pembiayaan langsung dari pelaksanaan suatu kebijakan.

Konsolidasi Data GLP

Proses penyatuan data dari data-data Satker dalam wewenang dan cakupan pengawasannya dimana proses tersebut berada di tingkatan hirarki Satker Wilayah Eselon 1 dan K/L.

Konsolidasi laporan keuangan

Proses penggabungan laporan keuangan entitas pelaporan atau entitas akuntansi.

Konsumsi Modal Tetap

Transaksi internal yang mencatat nilai penurunan aset tetap dan aset non finansial tertentu lainnya karena telah digunakan secara berulang atau terus­menerus selama proses produksi.

Kontrak

Perjanjian tertulis antara PPK dengan penyedia barang/jasa atau pelaksana swakelola.

Kontrak Annual/Kontrak Tahun Tunggal

Kontrak yang pelaksanaan pekerjaannya mengikat dana anggaran selama masa 1 (satu) tahun anggaran.

Kontrak Multi Years/Kontrak tahun jamak

Kontrak yang pelaksanaan pekerjaannya untuk masa lebih dari 1 (satu) tahun anggaran atas beban anggaran.

Konversi

Proses pengubahan format data transaksi keuangan pada ADK menjadi data yang dapat diterima oleh SPAN melalui aplikasi konversi.

Koreksi data

Proses memperbaiki data transaksi tanpa mengubah data awal dan hasil koreksi membentuk history.

KPA (Kuasa Pengguna Anggaran)

Pejabat yang memperoleh kuasa dari PA untuk melaksanakan sebagian kewenangan dan tanggung jawab penggunaan anggaran pada Kementerian Negara/Lembaga yang bersangkutan.

KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara)

Instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang memperoleh kuasa dari Bendahara Umum Negara (BUN) untuk melaksanakan sebagian fungsi BUN.

Kredit Program

Suatu alternatif kebijakan pemerintahan untuk memberdayakan kegiatan usaha kelompok ekonomi usaha mikro, kecil dan koperasi (UMK dan Koperasi). Pemberdayaan ini dilaksanakan melalui bank atau lembaga keuangan pelaksana yang ditunjuk, dengan memberikan insentif/subsidi baik berupa subsidi bunga, penjaminan dan penyediaan alokasi anggaran secara langsung APBN atau sumber­sumber pembiayaan lainnya bagipenguatan modal UKM dan koperasi produksi yang dinilai memiliki potensi pengembangan usaha.

KSAP (Komite Standar Akuntansi Pemerintahan)

Sebuah komite independen yang menyusun dan mengembangkan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Kuasa BUN (Kuasa Bendahara Umum Negara)

Pejabat yang diangkat oleh Bendahara Umum Negara untuk melaksanakan tugas kebendaharaan dalam rangka pelaksanaan anggaran dalam wilayah kerja yang telah ditetapkan.

Kuasa Pengguna Barang

Kepala satuan kerja atau pejabat yang ditunjuk oleh pengguna barang untuk menggunakan BMN yang berada dalam penguasaannya dengan sebaik­baiknya.

Kuitansi

Selembar surat bukti yang menyatakan bahwa telah terjadi penyerahan sejumlah uang dari yang disebut sebagai pemberi atau yang menyerahkan uang kepada yang disebut sebagai penerima dan yang harus menandatangani telah menerima penyerahan uang itu sebesar yang disebutkan dalam surat itu, lengkap dengan tanggal penyerahan, tempat serta alasan penyerahan uang itu. Untuk memperkuat tanda bukti tersebut ditempelkan meterai sebesar yang ditentukan oleh undang-undang perpajakan. Kuitansi digunakan untuk Pengadaan Barang/Jasa yang nilainya sampai dengan Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

KUMK (Kredit Usaha Mikro dan Kecil)

Kredit Program yang bersumber dana dari pemerintah melalui surat utang pemerintah dan disalurkan kepada usaha mikro dan kecil melalui perbankan/lembaga keuangan non-bank.

Kustomisasi

Kegiatan penambahan atau modifikasi terhadap modul, menu, fungsi, laporan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan software.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 17 June 2015 — 08:59
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme