Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Kamus SPAN (C)

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Daftar Isi

Cabling/Perkabelan

Proses pemasangan kabel jaringan SPAN.

CaLK (Catatan Atas Laporan Keuangan)

Penjelasan naratif atau rincian dari angka yang tertera dalam Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan SAL, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, dan Laporan Arus Kas, juga mencakup informasi tentang kebijakan akuntansi yang dipergunakan oleh entitas pelaporan dan informasi lain yang diharuskan dan dianjurkan untuk diungkapkan di dalam Standar Akuntansi Pemerintahan serta ungkapan-ungkapan yang diperlukan untuk menghasilkan penyajian laporan keuangan secara wajar.

CAN (Commitment Application Number)

Nomor bukti yang merupakan pengesahan atas kontrak yang telah didaftarkan pada SPAN.

Cancel Kontrak

Proses pembatalan data kontrak atau baris kontrak atau item pembayaran dalam rangka addendum data kontrak maupun alasan lainnya sesuai permintaandari satuan kerja. Nilai kontrak yang dapat dibatalkan adalah sebesar nilai kontrak yang belum direalisasikan.

Carry forward

Suatu jenispendekatan untuk menentukan perlakuan atas sejumlah dana yang telah dilakukan pencatatan komitmen akan tetapi tidak dicairkan hingga tahun anggaran berakhir.

Carry Forward/Carry Over

Hak untuk menggunakan sisa alokasi anggaran yang telah melampaui jangka waktu yang diberikan sebelumnya.

Carry Forward dengan Encumbrance Only

Carry forward dimana sisa alokasi dana tahun lalu tidak dibawa untuk menambahkan pagu DIPA tahun yang akan datang, melainkan hanya kontraknya saja.

Carry Forward dengan Fund Only

Carry forward yang dilakukan dengan menggeser alokasi yang belum habis pada tahun anggaran tertentu dan akan dilanjutkan pelaksanaan kegiatannya pada tahun anggaran berikutnya.

Cash Basis/Basis kas

Basis pencatatan dalam akuntansi dimana transaksi pada saat kas diterima atau dikeluarkan

Cash float/Kas yang mengambang

Uang mengendap/menganggur pada bank yang berkaitan dengan pelaksanaan pengeluaran atau penerimaan.

Cash Forecasting/Perencanaan kas

Proyeksi penerimaan dan pengeluaran negara pada periode tertentu dalam rangka pelaksanaan APBN (berdasarkan PMK No. 192 Tahun 2009 tentang Perencanaan Kas).

Cash Ledger

Buku untuk mencatat transaksi-transaksi terkait dengan kas, dan akan menghasilkan laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, dan Laporan Arus Kas.

Cash Management/CM/Manajemen Kas

Modul SPAN yang terkait dengan pengembangan bisnis proses dalam manajemen kas.

Cash mismatch/Ketidakcocokan kas

Suatu kondisi ketidakseimbangan antara pengeluaran dan penerimaan, dimana pengeluaran yang terjadi melebihi penerimaan (atausebaliknya) yang ada pada suatu periode, sehingga berpotensi terjadi tindakan anggaran yang tidak efisien. Misalnya, terjadi transaksi pembiayaan yang berbiaya tinggi atau terdapat dana kas yang menganggur.

Cash owner

Dalam hal ini adalah Kementerian Keuangan sebagai pemilik rekening Kas Umum Negara (KUN).

Cash toward accrual/Kas menuju akrual

Basis yang mengakui pendapatan, belanja, dan pembiayaan berbasis kas, serta mengakui aset, utang, dan ekuitas dana berbasis akrual.

Cash user/Pengguna dana APBN

Dalam hal ini adalah Kementerian/Lembaga sebagai Pengguna Anggaran atau Pengguna Barang.

Cash-Limit

Kebijakan dibidang keuangan yang diambil oleh Menteri Keuangan dengan cara memotong atau memindahkan pagu anggaran atas dasar kondisi tertentu.

CC (Continuing Commitment)

Komitmen yang pembayarannya bersifat berkelanjutan, tidak dibatasi oleh jangka waktu tertentu dan tidak didasarkan pada adanya kontrak tersendiri.

CCB (Change Control Board)

Unit kerja yang berfungsi untuk mengelola perubahan selama pelaksanaan proyek dalam Program RPPN (Reformasi Penganggaran dan Perbendaharaan Negara).

CE (Collaboration Environment)

Sistem pendukung yang digunakan menyediakan seluruh informasi terkait pengembangan dan implementasi SPAN yang dapatdiakses oleh seluruh stakeholder yang ada dalam lingkungan interaksional SPAN.

Central State Treasury Accounting System/Sistem Akuntansi Kas Umum Negara

Sistem akuntansi yang mengakomodir proses akuntansi yang melibatkan kas.

CFO (Chief Financial Officer)/Kepala Pejabat Keuangan/Menteri Keuangan

Pembantu presiden dalam bidang keuangan negara, yang memiliki kewenangan diantaranya untuk mengesahkan dokumen pelaksanaan anggaran, melakukan pengendalian pelaksanaan anggaran negara, menetapkan sistem penerimaan dan pengeluaran kas negara, mengusahakan dan mengatur dana yang diperlukan dalam pelaksanaan anggaran negara, melakukan pembayaran berdasarkan permintaan pejabat Pengguna Anggaran atas beban Rekening Kas Umum Negara serta menetapkan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan negara.

Change in inventories/Perubahan dalam persediaan

Persediaan strategis dan persediaan lainnya yang dirinci menjadi bahan baku dan perlengkapan, barang dalam proses, barang jadi, dana barang untuk dijual kembali.

Check fund/Pengendalian pagu

Proses pengecekan ketersediaan dana sebelum RFC yang diajukan satker diproses/dilanjutkan dari front office KPPN (Bagian Loket) ke Middle Office KPPN (Seksi Perbendaharaan).

Checking account/Rekening giro

Rekening bank yang digunakan sebagai dasar penerbitan cek untuk pembayaran pengeluaran.

Cleared-Error

Data rekening Koran telah diproses menjadi penerimaan namun ditandai sebagai data error oleh pengguna cash managementsehingga penerimaan ini harus di batalkan.

Cleared-Reconciled

Data rekening Koran telah diproses menjadipenerimaan dan telah di rekonsiliasi oleh pihak Cash Management.

Cleared-Unreconciled.

Data rekening Koran telah diproses menjadi penerimaan namun belum di rekonsiliasi oleh pihak Cash Management.

Close Kontrak

Proses penutupan/penonaktifan suatu entitas data kontrak untuk alasan tertentu sesuai ketentuan/peraturan yang berlaku.

Closing/Jurnal penutup

Tindakan akuntansi pada saat menghitung hasil operasi pada akhir periode tertentu dengan membuat ayat jurnal.

CM (Cash Management)/Pengelolaan Kas Negara

Strategi dan rangkaian proses pengelolaanaliran kas pemerintah dalam jangka pendek dan saldo kas yang ada secara efisien, baik internal pemerintah maupun antara pemerintah dengan pihak lain, khususnya terkait dengan moneter.

CMC (Change Management and Communications)/Manajemen Perubahan dan Komunikasi

  1. Pendekatan untuk mengubah/menggeser individu, tim, dan organisasi dari keadaan sekarang ke keadaan masa depan yang diinginkan serta cara-cara organisasi mengkomunikasikannya kepada para stakeholders.
  2. Unit kerja yang akan mengelola dampak perubahan yang ditimbulkan oleh implementasi SPAN. CMC juga akan memenuhi kebutuhan pelatihan terkait SPAN untuk semua staf/pengguna yang diharapkan saat SPAN sudah berjalan dapat bekerja dengan siap.

CoA (Chart Of Account)/Bagan Akun Standar

Daftar kodifikasi dan klasifikasi terkait transaksi keuangan yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan anggaran, dan pelaporan keuangan pemerintah.

Collecting Agent/Agen penerimaan

Pihak-pihak yang ditunjukoleh Departemen Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Perbendaharaan sebagai pengelola MPN-G2 untuk menerima setoran pembayaran penerimaan negara yang dilakukan oleh wajib pajak/wajib setor/wajib bayar. Collecting Agent selama ini lebih dikenal dengan istilah bank/pos persepsi, namun dalam pengembangan MPN (MPN-G2) dapat pula ditunjuk pihak-pihak lain (non bank/pos) seperti supermarket ataupun gerai lainnya.

Commercial Bank/Bank Komersial/Bank Umum

Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Commitment authorization/Otorisasi komitmen

Informasi dalam dokumen otorisasi anggaran terkait nilai multiyear yang dapat di otorisasi dalam satu tahun anggaran tertentu.

Commitment curve/Kurva komitmen perubahan

Suatu model yang diilustrasikan dalam sebuah kurva yang menggambarkan perilaku sekelompok orang sebagai reaksi terhadap proses perubahan.

Commitment Supplier Management

ManajemenSuplier dan komitmen pada satker non-BA999.

Commitment Supplier Manual Register

Manajemen Suplier dan komitmen pada satker BA999.

Committed budget balance/Nilai anggaran yang terikat

Pagu yang telah terikat untuk pelunasan kontrak tertentu.

Compensation of Employees/

Kompensasi pegawai/belanja pegawai

Remunerasi kas, hutang kepada pekerja sebagai akibat pekerjaan yang telah dilakukan. Pos ini bisa disamakan dengan belanja pegawai pada pos Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan beban pegawai pada Laporan Operasional (LO).

Completion Advice

Hasil olah komputer dalam sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) yang tercetak di Bank Pengirim Uang yang menunjukan bahwa rekening giro Bank Pemberi Uang di Bank Indonesia telah didebit oleh Bank Penerima Uang.

Comptable

Pihak yang bertugas melakukan pembayaran tagihan atas perintah ordonnateur.

Concurrent

Proses yang salingberkesinambungan terdiri dari serangkaian instruksi yang akan dieksekusi satu demi satu.

Conference Room Pilot

Proses pengadaan software/aplikasi dimana pihak yang membeli aplikasi akan menguji kecocokan aplikasi tersebut dengan bisnis proses yang disusun dan dengan demikian dapat dianalisis penyesuaian yang perlu dilakukan dalam penerapan bisnis proses tersebut ke dalam aplikasi.

Confirmation Advice

Hasil olah komputer dalam sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) yang tercetak di Bank Penerima Uang yang menunjukan bahwa rekening giro Bank Penerima Uang di Bank Indonesia telah dikredit oleh Bank Pemberi Uang.

Connected

Pesan yang muncul dalam komputer yang menandakan PC tersambung dengan perangkat lain (internet, printer, dll.)

Consumption of Fixed Capital/Konsumsi modal tetap/beban penyusutan

Penurunan dalam nilai suatu aset tetap selama periode akuntansi karena aus, penurunan, dan kerusakan.

Continuing Commitment/Komitmen berkelanjutan

Komitmen yang pembayarannya bersifat berkelanjutan, tidak dibatasi oleh jangka waktu tertentu dan tidak didasarkan pada adanya kontrak tersendiri misalnya pembayaran untuk gaji, tunjangan dan sejenisnya.

Contract Monitoring Report/Laporan Monitoring Kontrak

Penyajian informasi tentang seluruh kontak yang ada dengan status pembayaran baik untuk triwulan yang bersangkutan, total seluruh pembayaran yang telah dilakukan, dan presentase kemajuan fisiknya.

Convertion/Konversi

Proses pengubahan format data transaksi keuangan pada ADK menjadi data yang dapat diterima oleh SPAN melalui aplikasi konversi.

COO (Chief Operating Officer). Kepala Pejabat Teknis/Menteri Teknis/Pimpinan Lembaga

Pembantu Presiden/pimpinan lembaga dalam suatu bidang tertentu dalam pemerintahan. Memegang kewenangan administratif yang memiliki kewenangan untuk melakukan perikatan, melakukan pengujian dan pembebanan tagihan, serta memerintahkan pembayaran atau menagih penerimaan.

COTS (Commercial Of The Shelf)

Suatu paket aplikasi, sub sistem ataupun modul-modul perangkat lunak yang telah dirancang sesuai dengan suatu standar proses bisnis tertentu dan tersedia secara luas di pasar untuk dapat dipergunakan dengan modifikasi seminimal mungkin.

Cover Letter Withdrawal Application

Dokumen yang diterbitkan atas pengajuan WA oleh satker untuk pengeluaran yang proses pembayarannya dilakukan secara langsung oleh pemberi pinjaman atau hibah luar negeri.

CPIN (Cash Planning Information Network)

Laporan informasi perencanaan kas dari setiap unit eselon I Kementerian Keuangan yang disampaikan ke Dit. PKN. Contohnya: CPIN dari Ditjen Pajak berisi laporan penerimaan pajak, CPIN dari Ditjen Bea dan Cukai berisi laporan penerimaan bea dan cukai.

CQS (Based on Consultant Qualification Selection)/Seleksi berdasarkan kualifikasi konsultan

Seleksi terhadap minimal tiga perusahaan konsultan berdasarkan kualifikasi dan pengalaman yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut tanpa melakukan evaluasi proposal secara kompetitif.

CRA (Change Readiness Assesment)/Penilaian kesiapan perubahan

Alat untuk menilai dan menganalisis tingkat kesiapan dalam berbagai aspek (kondisi, sikap, sumber daya) yang diperlukan sehingga perubahan bisa berjalan dengan sukses.

CRM (Customer Relationship Management)/Manajemen hubungan pelanggan

Manajemen yang dikembangkan untuk menjaga hubungan baik antara pelayanan instansi pemerintah dengan pemangku kepentingan.

Cross validation/Validasi silang

Prosedur untuk menerapkan hasil analisis sampel dari satu subjek ke subjek lain untuk mengkonfirmasi seberapa baik subjek tersebut bekerja.

CRS/SKP (Change Readiness Survey/Survey Kesiapan Perubahan)

Survei yang dilakukan untuk mendapatkan gambaran kesiapan seluruh pegawai dalam menerima perubahan yang terjadi sehubungan dengan implementasi SPAN.

Cumulative Uses of Funds by Project Activity

Form ini menggambarkan penggunaan dana per kategori secara terperinci untuk masing­masing komponen. Untuk masing­masing komponen diperinci lagidengan kegiatan di masing-masing sub komponen untuk per kategori. Periode yang digunakan adalah periode triwulan ini, periode sampai dengan triwulan ini untuk tahun yang bersangkutan, dan periode sampai dengan triwulan ini dari mulai proyek berdiri. Form ini hanya dibuat oleh PSSU.

Current Account/Rekening Koran

Laporan yang diberikan bank setiap bulan kepada pemegang rekening giro yang berisikan informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut selama satu bulan beserta jumlah saldo kas di Bank.

Custom Reports/Laporan Kustomisasi

Laporan yang dibuat sesuai dengan standar Laporan Keuangan Pemerintah pada aplikasi Oracle, baik dari tampilan dan isi.

Custom Web

Aplikasi SPAN yang digunakan untuk proses penganggaran dan revisi DIPA pada DJA dan Kanwil DJPB.

Customer Service/Service Desk/Call Centre

Fungsi yang disediakan oleh Biller maupun Collecting Agent yang bertugas untuk membantu para wajib pajak/wajib setor/wajib bayar dalam memenuhi kewajibannya membayar tagihan negara di antaranya adalah dalam proses billing.

Cut Off Date

Tanggal yang merupakan batas akhir penggunaan aplikasi existing, dimana KPPN melakukan penyiapan data awal sebelum menerapkan SPAN.

CVR (Cross Validation Rule)/Aturan validasi silang

Serangkaian aturan yang disusun untuk memastikan input yang diterima oleh suatu sistem merupakan data yang dibutuhkan dan data yang dapat diproses lebih lanjut dalam sistem.Setting kombinasi antar segmen BAS untuk tujuan validitas transaksi yang terjadi dalam SPAN.

Cycle time/Jangka waktu

Standar jangka waktu penyelesaian pekerjaan suatu tahapan/proses bisnis hingga menuju tahapan/proses bisnis selanjutnya.

Kamus SPAN

A · B · C · D · E · F · G · H · I · J · K · L · M · N · O · P · Q · R · S · T · U · V · W · X

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
Updated: 5 March 2015 — 08:29
Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme