Wikiapbn

Sebuah Ensiklopedia Kementerian Keuangan

Helpdesk Akuntansi dan Pelaporan Keuangan

Helpdesk Akuntansi dan Pelaporan Keuangan atau Helpdesk APK adalah helpdesk yang dibentuk di Ditjen Perbendaharaan dalam rangka meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemerintah yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada entitas akuntansi dan akuntansi pelaporan yang berkepentingan dengan laporan keuangan. Helpdesk APK dikelola oleh tim yang dibentuk setiap tahun.

Dalam praktik sehari-hari, Helpdesk APK sering menerima pertanyaan di luar lingkup masalah Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Karenanya, tim Helpdesk APK secara berkala meneruskan pertanyaan-pertanyaan ke unit-unit organisasi lain di Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan selain Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan(Direktorat APK). Jawaban dari unit-unit lain kembali diterima oleh tim untuk ditayangkan ke dalam rubrik helpdesk APK di Situs Web Ditjen Perbendaharaan.

Pada awal 2013, Direktorat APK memiliki website sendiri. Helpdesk APK yang sebelumnya menjadi bagian dari website Ditjen Perbendaharaan dipindahkan menjadi bagian dari website Direktorat APK.

Kelompok Kerja Tim

Kelompok kerja tim melaksanakan tugas-tugas dalam rangka menjaga, memelihara, dan memberikan tanggapan sehubungan dengan penyelenggaraan menu helpdesk sesuai dengan bidangnya masing-masing. Pada masa tugas tahun 2011, kelompok kerja tim terdiri atas:

  1. Kelompok Kerja Bidang Standar Akuntansi Pemerintahan
  2. Kelompok Kerja Bidang Akuntansi Kas Umum Negara
  3. Kelompok Kerja Bidang Sistem Akuntansi
  4. Kelompok Kerja Bidang Statistik dan Analisis Laporan Keuangan
  5. Kelompok Kerja Bidang Bimbingan Akuntansi Instansi
  6. Kelompok Kerja Bidang Konsolidasi dan Pelaporan Keuangan
  7. Kelompok Kerja Bidang Pengembangan Helpdesk

Lihat Pula

Pranala Luar

Anda ingin berkomentar?

Ingat, bahwa pengurus tidak berkewajiban menjawab pertanyaan Anda. Selengkapnya, silakan baca bantuan komentar.
  • dwi kurniasih

    Assalamu’alaikum
    Selamat siang… mohon petunjuk apakah memungkinkan dalam 1 (satu) hari kita bisa membayarkan honor pakar/asesor (pengajar yang berasal dari luar satker) lebih dari 1 (satu) kali, karena dalam kegiatan tersebut ada beberapa tahapan, antara lain :
    1. Simulasi Leaderless Group Discussion (LGD) Calon Anggota KPU
    2. Simulasi Problem Analysis (PA) Calon Anggota KPU
    3. Wawancara Kompetensi & Presentation Skill Calon Anggota KPU
    Kegiatan kami Dinamika Kelompok Seleksi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu Periode 2017 – 2022
    Terima kasih banyak sblm dan ssdhnya atas petujuk dan arahannya
    Wass

  • Bidicoff L. Nainggolan

    Selamat siang.. mohon petunjuk.
    Dalam PMK 211 tahun 2017 disebutkan akun 524119 dipakai untuk pengeluaran perjadin dalam rangka rapat, seminar dan sejenisnya di luar kota, yang dibiayai satker penyelenggara maupun yang perjalanan dinasnya dibiayai satker peserta.
    Pertanyaan:
    1. untuk seminar di luar kota satker penyelenggara sedangkan seluruh biaya, baik hotel, uang harian, transportasi ditanggung oleh satker peserta, apakah tetap memakai akun 524119?
    2. dalam keadaan sesuai nomor satu, tarif uang harian, hotel dan transportasi apakah memakai tarif perjalanan dinas biasa (lepas) atau memakai tarif perjalanan dinas fullboard?
    Terima kasih banyak.

Wikiapbn © 2011-2015
Frontier Theme